Kamis, 26 Mei 2016

Sejarah System Operasi Komputer

Sejarah System Operasi Komputer - komputer awal dibangun untuk melakukan serangkaian tugas tunggal, seperti kalkulator. Dasar fitur sistem operasi yang dikembangkan pada 1950-an, seperti memantau penduduk fungsi yang secara otomatis bisa menjalankan program yang berbeda secara berurutan untuk mempercepat pemrosesan. Sistem operasi tidak ada dalam bentuk modern dan lebih kompleks mereka sampai awal 1960-an.

fitur Hardware ditambahkan, bahwa penggunaan diaktifkan dari perpustakaan runtime , menyela , dan pengolahan paralel . Ketika komputer pribadi menjadi populer pada 1980-an, sistem operasi yang dibuat untuk mereka mirip dalam konsep dengan yang digunakan pada komputer yang lebih besar.


Pada tahun 1940, sistem digital elektronik awal tidak memiliki sistem operasi. sistem elektronik saat ini diprogram pada deretan switch mekanik atau dengan kabel jumper pada papan steker. Ini adalah sistem tujuan khusus yang, misalnya, dihasilkan balistik tabel untuk militer atau dikendalikan pencetakan cek gaji dari data pada kartu punched kertas.

Baca Juga: Pengertian Sistem Operasi Lengkap dan Contohnya

Sejarah System Operasi Komputer

Setelah diprogram komputer tujuan umum diciptakan, bahasa mesin (terdiri dari string dari digit biner 0 dan 1 pada pita kertas) diperkenalkan yang mempercepat proses pemrograman (Stern, 1981) OS / 360 digunakan pada kebanyakan komputer mainframe IBM dimulai pada tahun 1966, termasuk komputer yang digunakan oleh program Apollo .

Pada awal 1950-an, komputer dapat mengeksekusi hanya satu program pada satu waktu. Setiap pengguna memiliki satu-satunya penggunaan komputer untuk jangka waktu terbatas dan akan tiba pada waktu yang dijadwalkan dengan program dan data pada kartu punched kertas atau tape menekan. Program ini akan dimuat ke dalam mesin, dan mesin akan mulai bekerja sampai program selesai atau jatuh. 

Program umumnya bisa debugged melalui panel depan menggunakan switch beralih dan lampu panel. Dikatakan bahwa Alan Turing adalah seorang master ini pada awal Manchester Mark 1 mesin, dan ia sudah menurunkan konsepsi primitif dari sebuah sistem operasi dari prinsip-prinsip mesin Universal Turing .


Kemudian mesin datang dengan perpustakaan dari program , yang akan dihubungkan ke program pengguna untuk membantu dalam operasi seperti input dan output dan menghasilkan kode komputer dari manusia-dibaca kode simbolik . Ini adalah asal-usul sistem operasi modern-hari. Namun, mesin masih menjalankan pekerjaan tunggal pada suatu waktu. Di Cambridge University di Inggris antrian pekerjaan pada satu waktu garis cuci ( garis pakaian ) yang kaset digantungi berwarna berbeda pakaian-pasak untuk menunjukkan pekerjaan-prioritas.

Perbaikan adalah Atlas Pengawas diperkenalkan dengan Manchester Atlas ditugaskan pada tahun 1962, "dianggap oleh banyak untuk menjadi yang pertama dikenali sistem operasi modern". Brinch Hansen menggambarkannya sebagai "terobosan paling signifikan dalam sejarah sistem operasi.

0 komentar

Posting Komentar