Kamis, 26 Mei 2016

System Operasi Pengertian Fungsi dan Jenis Jenisnya

System Operasi Pengertian Fungsi dan Jenis Jenisnya - Sebuah sistem operasi (OS) adalah perangkat lunak sistem yang mengelola perangkat keras komputer dan perangkat lunak sumber daya dan menyediakan umum layanan untuk program komputer . Sistem operasi adalah komponen dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sebuah sistem operasi berfungsi.

Time-sharing sistem operasi menjadwalkan tugas-tugas untuk penggunaan yang efisien dari sistem dan mungkin juga termasuk perangkat lunak akuntansi untuk alokasi biaya waktu prosesor, penyimpanan massa, cetak, dan sumber daya lainnya.

Baca Juga: Pengertian Perangkat Lunak Komputer (Software)


Untuk fungsi perangkat keras seperti input dan output dan alokasi memori , sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan sering membuat sistem panggilan ke fungsi OS atau terganggu oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada banyak perangkat yang berisi komputer - dari telepon seluler dan konsol video game untuk server web dan superkomputer .

Contoh sistem operasi desktop populer termasuk Apel OS X , Linux dan variannya, dan Microsoft Windows . Jadi yang disebut sistem operasi mobile termasuk Android dan iOS . kelas-kelas lain dari sistem operasi, seperti real-time (RTOS. Sistem operasi memiliki beberapa kriteria diantaranya berikut ini jenis jenis sistem operasi tersebut.

Single dan multi-tasking

Sebuah sistem single-tasking hanya dapat menjalankan satu program Perangkat Lunak pada satu waktu, sementara multi-tasking sistem operasi memungkinkan lebih dari satu program yang akan berjalan di concurrency. Hal ini dicapai dengan time-sharing , membagi waktu prosesor yang tersedia antara beberapa proses yang masing-masing terganggu berulang kali di iris waktu dengan subsistem tugas-penjadwalan sistem operasi. Multi-tasking dapat dicirikan jenis preemptive dan koperasi.

Pada preemptive multitasking, sistem operasi irisan CPU waktu dan mendedikasikan slot untuk setiap program. Sistem operasi mirip Unix, misalnya, Solaris, Linux , serta AmigaOS mendukung preemptive multitasking. Koperasi multitasking dicapai dengan mengandalkan setiap proses untuk memberikan waktu untuk proses lain dengan cara yang ditentukan. 16-bit versi Microsoft Windows yang digunakan koperasi multi-tasking. 32-bit versi Windows NT dan Win9x, digunakan preemptive multi-tasking .

Single dan multi-user
Sistem operasi single-user tidak memiliki fasilitas untuk membedakan pengguna, tetapi memungkinkan beberapa program untuk berjalan secara bersamaan. Sebuah multi-user sistem operasi memperluas konsep dasar multi-tasking dengan fasilitas yang mengidentifikasi proses dan sumber daya, seperti disk ruang, milik beberapa pengguna, dan sistem memungkinkan beberapa pengguna untuk berinteraksi dengan sistem pada waktu yang sama. sistem operasi time-sharing jadwal tugas untuk penggunaan yang efisien dari sistem dan mungkin juga termasuk perangkat lunak akuntansi untuk alokasi biaya waktu prosesor, penyimpanan massa, cetak, dan sumber daya lain untuk beberapa pengguna.

Baca Juga: Sejarah Sistem Operasi Komputer

Didistribusikan
Sebuah sistem operasi terdistribusi mengelola sekelompok komputer yang berbeda dan membuat mereka tampak satu komputer. Perkembangan jaringan komputer yang dapat terhubung dan berkomunikasi satu sama lain memunculkan komputasi terdistribusi. perhitungan didistribusikan dilakukan pada lebih dari satu mesin. Ketika komputer dalam kerja kelompok bekerjasama, mereka membentuk sistem terdistribusi.
templated

Dalam sebuah OS, didistribusikan dan komputasi awan konteks, template mengacu menciptakan gambar mesin virtual tunggal sebagai sistem operasi tamu, kemudian menyimpannya sebagai alat untuk beberapa menjalankan mesin virtual. Teknik ini digunakan baik dalam virtualisasi dan manajemen cloud computing, dan umum di gudang server yang besar.
Tertanam
Sistem operasi tertanam dirancang untuk digunakan dalam sistem komputer embedded . Mereka dirancang untuk beroperasi pada mesin kecil seperti PDA dengan otonomi kurang. Mereka mampu beroperasi dengan jumlah terbatas sumber daya. Mereka sangat kompak dan sangat efisien dengan desain. Windows CE dan Minix 3 adalah beberapa contoh dari sistem operasi tertanam.

Waktu sebenarnya
Sebuah sistem operasi real-time adalah sistem operasi yang menjamin untuk memproses peristiwa atau data dalam waktu yang cukup singkat waktu tertentu. Sebuah sistem operasi real-time mungkin single atau multi-tasking, tapi ketika multitasking, menggunakan algoritma penjadwalan khusus sehingga bersifat deterministik perilaku dicapai. Sebuah sistem switch-event antara tugas-tugas berdasarkan prioritas atau peristiwa eksternal, sementara sistem operasi time-sharing beralih tugas berdasarkan jam interupsi.

Perpustakaan
Sebuah sistem operasi perpustakaan adalah satu di mana layanan yang Jenis Perangkat lunak sistem operasi khas menyediakan, seperti jaringan, disediakan dalam bentuk perpustakaan. Perpustakaan ini terdiri dengan aplikasi dan kode konfigurasi untuk membangun unikernels - yang khusus, ruang alamat tunggal , gambar mesin yang dapat digunakan untuk awan atau lingkungan tertanam.

0 komentar

Posting Komentar