Selasa, 28 Maret 2017

Pengertian Hardisk dan Fungsinya

Pengertian Hardisk dan Fungsinya - hardisk drive adalah sebuah perangkar komputer yang termasuk dalam perangkat storage komputer. kenapa, karena hardisk drive merupakan sebuah perangkat penyimpanan sebuah komputer baik itu beberkas ataupun file seperti gambar, musik, video, pile seperti word, pdf,dan lainya. Untuk fungsinya hardisk drive berguna sebagai media atau tempat penyimpanan si pengguna atau berangkas pengguna untuk menyimpan barangnya yang berbentuk file dan dokumen seperti musik, video, dan lainnya. Jenis dari hardisk drive ada 2 Yaitu :

Pengertian Hardisk dan Fungsinya


Pengertian hardisk drive Internal dan Eksternal Fungsi dan Kegunaannya

hardisk drive Internal

hardisk drive Internal adalah hardisk drive tempat penyimpanan komputer yang terdapat di dalam PC atau Laptop sebagain tempat penyimpanan yang harus ada dalam sebuah PC karena sebuah PC tidak akan berjalan tanpa adanya tempat penyimpanan, seperti OS yang di simpan di dalam sebuah hardisk drive Internal.

Pada saat ini hardisk drive memiliki space yang tinggi skarang sudah sampai thera dari awalnya bait, kmudian kilo bait, mega bait, gigabait, dan skarang sudah mulai datang dan bahkan sudah ada hardisk drive yang kapasitasnya therabait. 

hardisk drive juga berguna sebagai media penyimpanan data secara permanen ke dalam sector yang terdapat pada disk yang tersedia di dalamnya untuk di baca oleh komputer, berbeda dengan ram yang fungsinya hanya untuk menyipan data sementara. oleh karena itu peranan hardisk drive sangat lah vital karena apa gunanya komputer jika tidak bisa menyimpan data yang telah di proses.

Sebelum hardisk drive digunakan hardisk drive tidak akan berguna, kenapa? karena hardisk drive perlu di partisi dulu agar dapat membedakan mana media penyimpanan sistem dan mana yang media penyimpanan permanen, adapun format hardisk drive biasanya dalam bentuk NTFS.

Bentuk atau jenis hardisk drive dibedakan menurut slotnya ada yang Ata dan Sata perbedaan keduanya terletak pada slot dan kabel yang digunakan untuk menyambungkan pada mother boards, dan apabila di bandingkan kecepatan transper data dari kabelnya juga berbeda, kecepatan transfer dari hardisk drive ata lebih cepat karena kabel dari ata terbuat dari serat serat tembaga.

hardisk drive Eksternal 

hardisk drive Eksternal adalah hardisk drive yang digunakan sebagai hrdisk tambahan atau media penyimpanan tambahan karena apabila hardisk drive internal penuh maka akan berakibat komputer menjadi lakbat karena beratnya beban yang ada pada hardisk drive internal untuk itu, hardisk drive Eksternal digunakan sebagai media penyimpannan tambahan untuk menghindari masalah pada PC.

Pengertian hardisk drive Internal dan Eksternal Fungsi dan Kegunaannya

Jenis lain dari hardisk drive adalah hardisk drive eksternal, hardisk drive ini berbeda dengan hardisk drive yang biasa karena slotnya pun USB, tipe dan kegunaanyan beragam tergantung yang memakai karena hardisk drive eksternal dapat berguna sebagai sistem, penyimpananl, dan yang lainyaa. kapasitas dari hardisk drive Eksternal juga beragam dari yang terkeci dengan satuan kb dan sampai yang tertinggi dengan satuan TB.

untuk kapasitas hardisk drive eksternal tidak akan trbatas dengan file sistem karena jarang orang memakai hardisk drive eksternal sebagai system karena mungkin buat apa ada hardisk drive internal kalo masi menyimpan file sistem di hardisk drive eksternal heeheh...

0 komentar

Posting Komentar