Rabu, 08 Juni 2016

Pengertian Scanner dan jenis jenisnya

Pengertian Scanner dan jenis jenisnya - scaner adalah sebuah alat pembaca dokumen maupun gambar dengan carakerja memindai sebuah objek atau dokumen menggunakan optikal drive. secaner berfungsi sebagai alat pemindai dokumen dengan menghasilkan sebuah dokumen atau texs menjadi format jpg, png, pdf, dan lainnya tergantung driver dari scaner yang digunakan.

Pengertian Scanner dan jenis jenisnya

Scanner adalah sebuah perangkat input pada komputer pemindai sebuah objek layaknya poto copy dan merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital. Scanner dapat menduplikat objek atau dokumen menggunakan sensor cahaya yang berda di dalamnya. Sensor yang terdapat pada scanner lalu mendeteksi struktur, teks, dan gambar dari objek yang dipindai, lalu dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital. 


Fungsi Scanner yaitu sbagai alat penduplikat hard-copy seperti kertas, maupun foto ke dalam bentuk digital dan dikirm ke komputer. Jadi apabila saat kita kehilangan berkas seperti foto atau teks, kita dapat menyimpan foto tersebut ke komputer kita. dan ketika dokumen itu hilang atau rusak kita masih punya duplikatnya di komputer dalambentuk digital.

Untuk cara kerjanya yaitu sebagai berikut :

ketia kamu menempatkan objek pada layar kaca scanner dan menekan sebuah tombol scan pada mesin scanner atau pada layar monitor, maka scenner akan melakukan proses scanning.

Lalu cahaya yang terpancar pada saat scanning menunjukkan bahwa scanner tersebut sedang melakukan scan dan hasilnya akan langsung dikirim pada sensor CCD (CCD yaitu suatu alat yang terdapat pada scanner yang mempunyai fungi untuk menerima hasil scanning) kemudian di kirimkan ke ADC.

Dari CCD lalu akan dikirim ke ADC (ADC yaitu suatu alat yang bertugas menerima data yang berasaldari CCD dan menubahnya ke dalam bentuk digital kemudian mengirimnya ke komputer) ADc yaaa BUkan AADC Hehehe.... ADC akan memprosesnya lalu mengirimkan hasilnya pada komputer. 


Setelah masuk kedalam komputer, hasilnya bisa di edit sesuai fotmat yang kamu butuhkan. Dan juga bisa menyimpannya dalam komputer atau langsung mencetak hasil dari scanning tersebut menggunakan printer.

Berikut ini jenis-jenis dari scanner

Sampai saat ini scanner mempunyai bentuk dan jenis yang beragam tergantung kegunaan dari scanner tersebut dan berikut ini jenis dari scanner yang sering kita temukan, diantaranya seperti beberapa scanner di bsawah :

Flatbed scanner

Flatbed scanner yaitu scanner yang memiliki ukuran seperti kertas folio atau HVS, scanner ini seperti mesin fotocopy tetapi dengan ukurannya yang lebih kecil.

PSC scanner

PSC atau Print Scan Copy yaitu suatu perangkat yang memiliki multifungsi diantaranya dapat digunakan sebagai scanner, dapat juga digunakan sebagai printer serta bisa digunakan untuk fotocopy.

Handy Scanner

Handy scanner yaitu scanner yang bentuknya postcard, yang biasa kita temui pada supermarket ataupun minimarket. Karen digunakan pada mesin kasir untuk membaca harga barang-barang yang terdapat pada barcode barang tersebut.

0 komentar

Posting Komentar