Jumat, 03 Juni 2016

Kelas Maya Adalah

Kelas Maya Adalah - Pembelajaran dengan memakai kelas maya (cyber class) merupakan sebuah upaya untuk mendorong pembelajaran yang dilaksanakan kapan saja dan di mana saja. Pembelajaran dalam kelas maya bukanlah menggantikan system mempelajari saling bertatap muka yang dilaksanakan bersama guru-guru dikelas.

Kelas Maya Adalah

Akan tapi dengan memanfaatkan kelas maya peserta didik dapat memperoleh penambahan atau pengayaan (enrichment) materi yang bakal melengkapi gerakan menggali ilmu konvensional. Dengan model pembelajaran seperti ini, peserta didik akan didorong untuk lebih aktif dan kreatif.

Aktif & kreatif mengandung pengertian bahwa dalam kelas maya di harapkan satu orang murid untuk mencari, membaca, & memahami sekian banyak materi dari berbagai sumber menuntut ilmu digital, disamping untuk menyimpulkan, membuat, & sharing baik wawasan yg telah di ketahui murid maupun hasil karya yg di untuk murid utk utk teman-temannya.

Seseorang peserta didik pun diharapkan akan untuk berdiskusi dan bekerja sama dalam group dgn cara virtual. baca pengertian komunikasi daring

Dalam pembelajaran, tehnologi dapat dipakai untuk memperluas jangkauan pembelajaran, meningkatkan kecepatan menggali ilmu, sreta meningkatkan efisiensi pembelajaran. Oleh dikarenakan itulah, pemanfaatan technologi dalam pembelajaran yaitu elemen yang tidak akan dihindari.

Manfaat Kelas Maya

Setidaknya ada 5 Manfaat kelas maya di bandingkan dgn kelas konvensional.
a. Konektivitas - akses kepada beraneka ragam berita ‘tersedia’ dalam skala global.
Selagi Anda memakai koneksi internet, Anda bisa mendapati kabar apapun yang sedia dalam world wide web (www). Dalam mencari berita, Anda tidak ingin kesusahan berkat pertolongan penerapan mesin pencari seperti Google, Bing & Yahoo.
b. Fleksibilitas – menggali ilmu bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja.

dengan cara menggali ilmu yang terjadwal dalam kelas yang Anda laksanakan sewaktu ini (kelas konvensional), guru yakni sumber mencari ilmu mutlak bagi Anda. Bakal tetapi bersama kelas konvensional yang diperkaya dengan TIK, anda pun mempunyai kebebasan dalam menentukan dikala yang pas kapan anda mencari ilmu dan ruangan Anda menggali ilmu, selagi anda bakal memanfaatkan pc dan membuka internet. baca juga

c. Jalinan – evaluasi menggali ilmu bisa dilaksanakan seketika dan mandiri.

dengan memanfaatkan TIK, Anda akan mengerjakan pekerjaan yg diberikan oleh guru, menjawab sekian banyak pertanyaan, maupun mengerjakan ujian dimanapun & kapanpun Anda inginkan. Dalam sekian banyak model ujian, anda mampu mendapatkan hasil penilaian maupun umpan balik secara otomatis, sehingga Anda tidak butuh menunggu lama untuk mengetahui hasil penilaian ujian Anda.


d. Kolaborasi – penggunaan piranti diskusi mampu mendukung pembelajaran kolaborasi diluar lokasi kelas.

Dengan memakai internet, Anda telah berada dalam satu buah jaringan yg luas. Oleh karena itu, bersama menggunakan piranti diskusi melalui internet, Anda dapat berkomunikasi, berdiskusi, bertukar konsep, baik menyangkut satu buah rencana, permasalahan, maupun solusi dgn sohib atau guru anda. Dengan piranti ini Anda dapat serta menciptakan kelompok mempelajari. Dalam grup ini anda mampu sharing gagasan maupun sumber menuntut ilmu antar sahabat.

Baca Juga: Manfaat Kelas Maya Lengkap


e. Peluang pengembangan – konten digital mampu terus-menerus dikembangkan sehingga akan memperkaya pembelajaran dalam kelas konvensional.

Dalam kelas konvensional, Anda dan guru mesti berada dalam lokasi yg sama. Bakal tapi bersama memanfaatkan TIK, guru anda bakal memberikan instruksi dari lokasi tertentu & anda dapat tetap mengikuti instruksi guru anda tersebut walau antara anda & guru berada di lokasi yang berlainan. Dengan kata lain, e-learning mampu berfungsi juga sebagai berikut.

a. tambahan/pengayaan pembelajaran (supplement),

b. pengganti sebahagian pembelajaran (complement), atau

c. pengganti semua pembelajaran (replacement)


Perangkat pendukung kelas maya

a. Perangkat keras (hardware) : pc, laptop, laptop, maupun tablet.

b. Perangkat lunak (software) : Learning Management system(LMS), Learning Content Management Sistem (LCMS), Social Learning Network (SLN).

c. Infrastruktur : Jaringan intranet maupun internet. baca pengertian internet & intranet.

d. Konten pembelajaran.

e. Strategi interaksi/komunikasi pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran

0 komentar

Posting Komentar