Selasa, 31 Mei 2016

Pengertian Modem Fungsi Serta Kegunaannya

Pengertian Modem Fungsi Serta Kegunaannya - Modem adalah salah satu perangkatkeras komputer jaringan dan juga sebagai peripheral komputer sebagai alat penghubung komputer dengan internet. dengan adanya sebuah modem komputer dapat terhubung karena didalam sebuah modem terdapat sebuah alat yang berguna sebagai penerima sinyal dari profider atau jaringan yang digunakan.

pengggunaan modem di indonesiamodem juga adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet melalui telepon, line kabel dan layanan dari penyedia jasa telekomunikasi lainnya. Modem merupakan singkatan dari modulator-demodulator. Dua kata tersebut juga memiliki masising-masing fungsi yang berbeda. Berikut adalah fungsi dari modem:

Baca Lengkap: Modem Wifi dan Fungsinya

Pengertian Modem Fungsi Serta Kegunaannya

Sebagai alat atau perangkat untuk melakukan modulasi sinyal digital ke dalam analog untuk ditransfer ke server profider yangdigunakan.

Sebagai alat untuk demodulasi sinyal untuk mengembalikan sinyal ke bentuk digital sehingga mempresentasikan informasi tertentu.Jadi fungsi modem secara sederhana adalah mengubah sinyal analog menjadi digital dan mengubah sinyal digital menjadi analog.

Baca Juga: Pengertian Kelas Maya dan Fungsinya

 Dengan demikian, data dapat dikirim melalui media apapun yang mampu menstransmisikan sinyal analog, mulai dari mulai dioda sampai radio. Jenis modem juga menentukan kualitas koneksi yang dipakai untuk terhubung ke internet. Jika Anda ingin terhubung ke internet menggunakan koneksi broadband, maka anda perlu menggunakan modem dengan jenis koneksi broadband, seperti ADSL atau modem 3 G/HSDPA.

 Teknologi modem broadband saat ini lebih berkembang sehingga mampu mentransfer data dengan kecepatan lebih tinggi. Contoh modem ADSL adalah modem yang digunakan pada penggunaan telkom speedy. Umumnya saat ini modem dengan teknologi ADSL memiliki bentuk modem eksternal yang biasanya dihubungkan ke slot RJ-45 di Ethernet card pada sebuah komputer. 

Untuk menghubungkan ke slot RJ-45 ini biasanya digunakan kabel UTP. Modem ADSL juga memungkinkan kita untuk menghubungkannya dengan komputer lewat slot USB. Bahkan, kita mungkin juga bisa menjumpai modem ADSLyang langsung ditancapkan ke slot ekspansi PCI

0 komentar

Posting Komentar