Selasa, 10 November 2015

Sejarah Jaringan Komputer Lengkap

Sejarah Jaringan Kompuer konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerikadari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaalkan sebuah Kabel LAN perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian. 
Sejarah Jaringan Komputer Lengkap
Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secera seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. 


Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Jaringan Komputer

memasuki tahun 1970-an setelah beban pekerjaan bertambah berat dan komputer besar bertambah mahal, mulailah menggunakan konsep distribusi (distributed processing). dalam konsep ini beberapa host komputer mengerjakan pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer.

Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil mulai turun dan konsep distribusi mulai matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (peer to peer system) tanpa melalui komputer pusat. untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal atau yang lebih dikenal dengan jaringan LAN. demikinan pula ketika internet mulai di kenalkan maka sebagian LAN yang berdiri sendiri mulai saling terhubung hingga terbentuklah sebuah jaringan rksaksa WAN.

Pada akhir 1960-an dan 1970-an komputer-komputer yang lebih kecil dengan sebutan minikomputer telah diciptakan. Walau bagaimanapun minikomputer masih dalam ukuran yang sangat besar dibanding dengan standar modem saat ini. Pada tahun 1977, Apple Computer Company mernperkenal mikrokomputer dimana dikenal dengan sebutan MAC. Pada tahun 1981 IBM memperkenalalkan PC pertamanya. Mac yang userfriendly, IBM pc yang open archetecturo, dan langkah lebih jauh dari proses micro-minisasi dari IC membawa penyebaran luas dart PC baik di rumah maupun di kantor-kantor. Pada masa ini jaringan-jaringahl local mulai dengan berbagai macam teknologi. 

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Internet Dunia

Pada pertengahan 1980 pengguna PC mulai menggunakan modem untuk berbagi file dengan komputer lain. Hal ini dikenal sebagai point-to-point atau komunikasi dial-up. Konsep ini disebar oleh penggunaan komputer yang merupakan pusat dari komunikasi dalam koneksi dial-up. Komputer-komputer ini disebut buletin boards. 

Para pengguna akan tethubung ke bulletin boards, meninggalkan dan mengambil pesan sebagaimana upload dan download file. Kekurangan dari tipe ini adalah sangat sedikitnya komunikasi langsung dan selanjutnya hanya orang-orang terlebih yang tahu mengenai bulletin board. Pembatasan lain dari bulleting board adalah satu modem per-satu koneksi. Jika lima orang terhubung secara simultan, hal ini akan memerlukan lima modem terlconeksi ke lima jalur telepon terpisah. 

Jurnlah orang yang ingin menggunakan sistem ini berkembang, sistem ini selanjutnya tidak dapat merig-handle kebutuhan yang terus meningkat. Sebagai contoh, bayangkan jika 500 orang ingin terhubung dalam waktu yang bersamaan. 

Dari tahun 1960-an ke tahun 1990-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) mengembangkan Wide-Area-Networks (WAN) yang besar dapat dihandalkan untuk militer dan alasan-alasan sains. Teknologi ini berbeda dari komunikasi point-to-point yang dunakan dalam bulletin boards. Hal ini memungkinkan beberapa komputer untuk terhubung secara bersamaan melalui beberapa jalur berbeda. 

Baca Juga: Sejarah Komputer Lengkap

Jaringan itu sendiri akan bisa membedakan bagaimana memindahkan data dari komputer satu ke komputer lain Satu koneksi dapat dunakan untuk berhubungan dengan banyak komputer pada saat yang bersamaan. Jaringan yang diterapkan DOD nantinya akan menjadi jaringan yang mendunia pada saat ini yang disebut Internet.

0 komentar

Posting Komentar