Rabu, 11 November 2015

Pengertian Jaringan (Network) Komputer

Pengertian Jaringan (Network) Komputer - Dalam ilmu komputer dan teknologi informasi, dikenal istilah jaringan komputer, Jaringa komputer adalah sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan lainnya dengan menggunakan media komunikasi, sehingga dapat saling berbagi data, informasi, program, dan perangkat keras (printer harddisk webcam, dsb). 

Berbeda dengan konsep jaringan dalam ilmu biologi yaitu kumpulan sel yang fungsinya sejenis, komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan komputer tidak harus sejenis. Komputer-komputer tersebut bisa saja memiliki tipe yang berbeda-beda, menggunakan sistem operasi yang berbeda, dan menggunakan program/aplikasi yang berbeda pula. 

Tetapi komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan komputer harus memakai aturan komunikasi (protokol) yang sama. Hal ini dimaksudkan agar masing-masing komputer dapat berkomunikasi yang baik dengan komputer lainnya. Protokol yang menjadi Standar lntemasional adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Pengertian Jaringan (Network) Komputer
Dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri (stand-alone), jaringan komputer memiliki beberapa keunggulan anlara lain:

Berbagi Peralatan dan Sumber Daya

Beberapa komputer dimungkinkan untuk saling memanfaatkan sumber daya yang ada, seperti printer harddisk, seri perangkat lunak bersama, seperti aplikasi perkantoran, basis data (database), dan sistem informasi. Penggunaan perangkat secara bersama ini akan menghemat biaya dan meningkatkan efektivitas peralatan tersebut

Baca Juga: Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Komunikasi Daring)

Integrasi Data

Jaringan komputer memungkinkan pengintegrasian data dari atau ke semua komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut

Komunikasi

Jaringan komputer memungkinkan komunikasi antar pemakai komputer, baik melalui e-mail, teleconference dsb.

Keamanan (Security)

Jaringan komputer mempermudah dalam pemberian perlindungan terhadap data. Meskipun data pada sebuah kornputer dapat diakses oleh komputer lain, tetapi kita dapat mernbatasi akses orang lain terhadap data tersebut Selain itu kita juga bisa melakukan pengamanan terpusat atas seluruh komputer yang terhubung kejaringan.
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 (empat) yaltu: 

1. Berdasarkan Distribusi Sumber lnformasi Data
Jaringan ini terdiri dari komputer client dan server dimana komputer client yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi data yang berasal dari satu komputer server.
  • Jaringan Terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan client memberrtuk sistem jaringan tertentu.
2. Berdasarkan Jangkauan Geografis
  • Jaringan LAN (Local Area Network)
Merupakan jaringan yang menghubungkan 2 (dua) komputer atau lebihdalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 (satu) warnet
  • Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat Contohnya janngan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet
  • Jaringan WAN (Wide Area Network)
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jarigan PT. Telkorn, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.
3. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputerdalam Memproses Data
  • Jaringan Chent-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 (satu) atau beberapa komputer server dan komputer client Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer chent dapat , diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai peranlara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang dipertukan oleh komputer client
  • Jaringan Peer-To-Peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengirirnan maupun penerimaan inforrnasi sehingaa semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
4. Berdasarkan media transmisi data
  • jaringan berkabel ( wired network)
Pada jaringan ini, di butuhkan kabel jaringan, yang berfungsi sebagai media pengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer yang terhubung jaringan.
  • jaringan nirkabel (wireles network)
Adalah suatu jaringan dengan medium berupa gelombang elektro magnetik. Pada jaringan ini tidak di perlukan kabel untuk karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer yang terhubung dengan jaringan. artikel lebih lengkap Klik disini

2 komentar:

  1. Sejarah jaringan komputernya kok ga di jelasin?

    Struktur Matahari

    BalasHapus
  2. ada di posting sebelumnya liat aja di alamat di bawah:
    http://blogilmukomputerisasi.blogspot.co.id/2015/11/sejarah-jaringan-komputer.html

    BalasHapus